• Yahoo Messenger Chat

  • Iklan

Tumpek Kandang – Penghormatan Umat Hindu terhadap Binatang

Tumpek Kandang dirayakan oleh umat Hindu setiap 6 bulan sekali. Hari Ini merupakan pertemuan hari suci Hindu yaitu sapta wara Saniscara dan panca wara Kliwon yang jatuh pada wuku Uye. Oleh karena itu Hari raya suci Tumpek Kandang  juga biasa disebut dengan Tumpek Uye.

Pada hari ini Umat Hindu melakukan penghormatan terhadapbinatang, lebih tepatnya persembahan dilakukan kepada SanHyang Rare Angon sebagai Dewanya Ternak/Binatang.

Saniscara Kliwon Wuku Uye- Tumpek Kandang

Untuk bebanten  bagi binatang2 pada hari suci tersebut yaitu :

  • Untuk bebanten  bagi sapi, kerbau, gajah, kuda, dan yang semacamnya dibuatkan bebanten: tumpeng tetebasan, panyeneng, sesayut dan canang raka.
  • Untuk bebanten bagi babi dan sejenisnya: Tumpeng-canang raka, penyeneng, ketipat dan belayag.
  • Untuk bebanten sebangsa unggas, seperti: ayam, itik, burung, angsa dan lain-lainnya dibuatkan bebanten berupa bermacam-macarn ketupat sesuai dengan nama atau unggas itu dilengkapi dengan penyeneng, tetebus dan kembang payas.
  • Di sanggah / merajan dilakukan pemujaan, pengastawa Sang Rare Angon yaitu dewanya ternak dengan persembahan (hayapan / widhi-widhana) berupa suci, peras, daksina, penyeneng, canang lenga wangi, burat wangi dan pesucian. (sumber bebantenan : http://www.babadbali.com)

Perayaan hari suci ini sesuai dengan landasan umat Hindu yg biasa disebut dengan Tri Hita Karana. Lebih tepatnya dengan ajaran Palemahan yaitu hubungan manusia dengan alam sekitar ( hewan dan tumbuh-tumbuhan). Dengan perayaan hari suci Tumpek Kandang ini berarti secara tidak langsung sudah ikut menjaga kelestarian alam dan isinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: