• Yahoo Messenger Chat

  • Iklan

Kajeng Kliwon Bagi Umat Hindu

Umat Hindu memang dipenuhi dengan hari-hari suci dalam kesehariannya. Salah satunya hari raya suci yg didasarkan atas pertemuan Tri Wara dan Panca Wara yaitu yg bisa disebut dengan Kajeng Kliwon. Umat Hindu merayakan Kajeng Kliwon setiap 15 hari sekali. Hari ini dianggap keramat bagi umat Hindu karena identik dengan yang seram-seram. Pada hari inilah semua yg diidentikkan dengan ilmu-ilmu magic dijalankan.

Pada hari Kajeng Kliwon Sang Hyang Siwa bersemedi, Kliwon berarti pemujaan terhadap Dewa siwa. Upakaranya berupa segehan dan tetabuhannya berupa arak dan berem. Di bagian atas, di ambang pintu gerbang (lebuh) harus dihaturkan canang burat wangi dan canang yasa yg dihaturkan kepada Sang Hyang Durga Dewi. Di bawahatau di tanah ditujukan kepada Sang Hyang Bucari, Sang Kala Bucari, dan Sang Durgha Bucari.

Segehan yaitu bahan utamanya adalah nasi berwarna beberapa kepal. Yang umum segehan: putih dan kuning. Tetapi ada juga segehan putih dan putih, putih – hitam, putih – merah, merah – merah, hitam – hitam, kuning – kuning. Ada pula yang yang panca warna yang peletakannya sebagai berikut:
hitam di utara, putih di timur, merah di selatan, kuning di barat, brumbun di tengah.Nasi- nasi tersebut setiap tanding dialasi dengan sepotong daun segi empat, atau taledan kecil atau sebuah ituk-ituk. Dibentuk kepalan kecil- kecil berjejer. Diberi lauk bawang, jahé dan garam. Di atasnya diberi sebuah tampelan dengan secuil bunga dan sejimpit kecil beras.

Upacara ini wajib dilaksanakan oleh Umat Hindu karena melambangkan penetralisiran terhadap segala kekuatan-kekuatan negatif. Semua itu dilebur sehingga mendatangkan sesuatu yg baik untuk kita semua nantinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: